Sabtu, 09 Agustus 2014

Pengetahuan Dasar Lift 1 (lanjut)

Motor Traksi Ditinjau Dari Sistem Kontrol

  1.  AC - Single Speed
  2. Menggunakan satu gulungan motor yang akan menghasilkan satu kecepatan dan pada kontrolnya tidak dilengkapi inverter untuk mengatur kecepatan pada saat perceatan maupun perlambatan. Sistem kontrol semacam ini biasanya dipergunakan untuk lift-lift barang yang berkecepatan rendah.
  3.  AC - Two Speed
  4. Motor penggerak jenis ini menggunakan dua gulungan motor kecepatan rendah dan kompunen kecepatan sedang. Kontrol lift type ini mengatur kecepatan lift pada saat percepatan maupun perlambatan denga merubah kecepatan lift dari kecepatan sedang ke kecepatan rendah atau sebaliknya. Jenis lift semacam ini sudah jarang dijumpai pada lift-lift baru kecuali untuk lift barang dan lift service.
  5.  AC - Variable Voltage (ACVV)
  6. Kontrol lift type ACVV yaitu sistem kontrol dengan mengubah-ubah voltage pada controler sehingga dapat menghaslkan percepatan dan perlambatan yag cukup halus.
  7.  AC - Variable Voltage Variable Frekuensi (ACVVVF)
  8. Jenis kontrol ini yang paling mutakhir dimana penggerakkan kereta lift dapat dikontrol sedemikian rupa dengan cara merubah voltage dan frekuensinya sehingga dapat menghasilkan percepatan maupun perlambatan lift yang benar-benar smooth serta dengan pemberhentian yang akurat.

Tidak ada komentar: